Beranda » » Memilih Platform Blog

Memilih Platform Blog

Diposkan oleh AsepWG pada Rabu, 01 Mei 2013 | 10.44

Sebelumnya, saya sudah menjelaskan apa sih blog itu?? Coba Anda baca artikel sebelumnya mengenai Pengertian Blog agar Anda tidak bingung memilih platform untuk ngeblog. Aktifitas ngeblog merupakan salah satu aktifitas yang banyak diminati oleh sebagian orang yang digunakan untuk sekedar menuangkan hal-hal baru ataupun sesuatu yang sedang dialami, bahkan ada sebagian orang yang menggunakan untuk sekedar mencurahkan isi hati, memberikan informasi yang mungkin berguna untuk para pembacanya.
Jumlah platform blog sekarang sangat beragam, mulai dari yang gratisan hingga berbayar. Salah satu platform gratisan untuk ngeblog yang banyak digunakan diantaranya Blogger.com dan Wordpress.com.Walaupun kedua platform tersebut gratis, tapi banyak orang merasa puas dengan fasilitas yang diberikan oleh kedua platform tersebut.
 
1. Blogger.com - Platform besutan Google ini menawarakan platform blog gratis yang terintegrasi dengan seluruh akun Google. Cukup dengan satu akun Google, maka Anda dapat menggunakan seluruh layanan google, seperti youtube, blogger, google doc, google calendar, dan lainnya. Jika Anda sudah terdaftar di Gmail.com, maka Anda bisa menggunakan alamat email dan password Anda untuk mendaftar di Blogger.com. Namun karena layanan ini gratis, tentu saja alamat blog anda harus memakai ektension *.blogspot.com (Contoh: asepwg83.blogspot.com). Kelebihan blog yang dibuat dengan blogger adalah, mudahkan intergrasi dengan mesin pencari Google. Tentu saja semua penulis di blog ingin tulisan-tulisannya dibaca oleh orang lain. Nah, salah satu cara orang lain menemukan tulisan kita adalah melalui pencarian di Google. Jika blog Anda di Blogger.com, maka akan sangat mudah dicari di Google, walaupun sebenarnya pengaturan dan frekuensi update sangat mempengaruhi juga agar blog Anda tampil di halaman pencarian google. Namun setidaknya kita berfikir bahwa Google pasti mengutamakan anak kandungnya sendiri.
 
2. Wordpress.com - Perlu diketahui bahwa ada dua hal disini, Wordpres.com dan WordPress.org. WordPress.com merupakan situs pembuat blog gratis seperti Blogger.com. Jika Anda membuat blog di wordpress.com, maka alamat blog Anda akan ditambah dengan ektensi *.wordpress.com (Contoh: azevleebond.wordpress.com). Lalu apa bedanya dengan WordPress.org? WordPress.org adalah situs dimana anda dapat mendowload software WordPress dan menguploadnya sendiri pada hosting Anda. Kelebihan wordpress adalah terletak pada keleluasaan kita untuk memodifikasi sesuai dengan selera. Selain itu banyak sekali theme atau tampilan-tampilan wordpress yang gratis di internet dapat kita download dan menghiasi wordpress kita. Namun, mengutak-atik theme wordpress membutuhkan pengetahuan akan system coding di internet, untuk itu sangat tidak disarankan untuk pemula. Beda halnya dengan blogger.com yang hanya tinggal klik dan klik saja.

Dari penjelasan di atas, sekarang saatnya Anda menentukan platform mana yang ingin Anda gunakan sesuai kebutuhan Anda. Selamat mencoba...

Bagikan Artikel Ini :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Support : Asep WG | A Zev Lee Bond | R2PG Shop
Copyright © 2013. Sekedar Ingin Tahu - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website
Proudly powered by Blogger