Beranda » » Cara Mengganti Template Blogger

Cara Mengganti Template Blogger

Diposkan oleh AsepWG pada Kamis, 25 Juli 2013 | 03.45

Sekedar Ingin Tahu ~ Untuk mengganti template atau mendekorasi blog agar tampilan lebih menarik, Anda harus memiliki template terlebih dahulu dan mencari template yang sesuai dengan tema blog Anda. Mungkin sebagian banyak blogger yang ahli dalam menguasai HTML, CSS, PHP, dan lainya bisa dengan mudah mengotak-atik desain template sesuai keinginan. Naaahh.. Bagaimana dengan para pemula yang mulai terjun ke dunia blog???

Jangan merasa berkecil hati, saat ini banyak sekali template yang sudah jadi tinggal pakai di beberapa situs yang menawarkan template blogspot baik gratis atau berbayar. Salah satu situs yang menawarkan template gratis dengan macam-macam jenis template yang menarik adalah http://btemplates.com. Di situs tersebut Anda tinggal pilih template dan klik link download untuk mengambilnya, file yang tersimpan biasanya dalam bentuk file Zip/Rar kemudian Anda tinggal melakukan ekstrak file. Dari hasil ekstrak file tersebut Anda akan menemukan file yang berekstensi .xml dan file ini lah yang menjadi master template Anda.

Setelah mendapatkan file tersebut silahkan Anda buka blog yang akan diganti templatenya. Di sini saya akan jelaskan bagaimana langkahnya :
  1. Login dashboard blog Anda lalu pilih Template, cari dan klik tombol "Cadangkan / Pulihkan". Letaknya di bagian pojok kanan atas seperti gambar di bawah ini.
  2.  
     
  3. Kemudian akan muncul kotak dialog seperti gambar di bawah ini. 
  • Unduh Template Lengkap, hal ini untuk memback-up template lama Anda dan menjaga hal yang mungkin tidak diinginkan pada saat mengganti dengan template baru, sehingga Anda dapat dengan mudah mengembalikannya ke tampilan semula.
  • Pilih Browse dengan extensi .xml di dalam folder yang sudah Anda ekstrak tadi lalu klik Unggah. Tunggu sampai loading selesai dan lihat hasilnya... 
Mungkin saja setelah proses Upload selesai dan tampilan blog Anda menjadi berantakan jangan panik, karena hal itu wajar terjadi. Bisa jadi template yang Anda Upload tadi memiliki widget yang berbeda dengan template lama Anda. Yang harus Anda lakukan adalah mengatur kembali tata letak laman atau widget di halaman "TATA LETAK" atau "LAYOUT". Jika ini terjadi dan Anda kebingungan, lakukan back up ulang ke template lama yang tadi Anda simpan.

Saran saya, jangan terlalu sering mengganti template karena akan mempengaruhi pagerank blog Anda di mesin pencari dan akan membingungkan pengunjung blog Anda.

Bagikan Artikel Ini :

1 komentar:

 
Support : Asep WG | A Zev Lee Bond | R2PG Shop
Copyright © 2013. Sekedar Ingin Tahu - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website
Proudly powered by Blogger